windyway94: (sakurai to sakura)
[personal profile] windyway94

Katanya, salah satu tanda-tanda pubertas itu adalah punya idola. Dan aku juga ngerasain itu kok haha.
Kalo gak salah mulai kelas 6 SD aku udah mulai ngefans sama artis ato penyanyi gitu. Gak terasa udah 10 tahun jadi fans gitu. Mulai t.A.T.u., My Chemical Romance, ST 12, Anggun, Keane, Paramore, SuJu, ONE OK ROCK sampe Arashi XD
Dulu sih cuma sekedar suka tapi karena sekarang udah gede jadi mulai nyadar apa peran fans buat para seniman (sebut saja artis lah ya XD) dalam seni pertunjukan. Besar banget lho! Nah berdasarkan pengalaman selama ini jadi fans, ada beberapa tipe fans yang mesti kamu tau. CEKIDOT!

1. Bukan Fans
Bukan fans bukan berarti haters lho ya, mereka beda. Jadi, orang yang "bukan fans" itu orang bisa suka sama macem2 artis tapi gak sampe dalem sukanya. Biasanya mereka suka sama lagu2 yang jadi single ato OST dari film bahkan sinetron, pokoknya yang easy-listening dan sering diputer di TV gitu lah. Dan jangan lupa, prospek mereka untuk jadi fans cukup tinggi lho *wink*

2. Personnel-baited Fans
Fans tipe ini adalah fans yang tidak sengaja terseret arus ke dunia fangirling/ fanboying karena kecantol sama salah satu member dari suatu grup. "Ih kok ganteng ya? Siapa namanya?" "Wah cantik, enak lagi suaranya. Browsing ah" adalah kalimat penasaran yang mendorong mereka untuk mencari tahu lebih banyak tentang mereka. Biasanya sih setelah suka satu member dia akan mulai suka sama member lainnya. Tapi ada juga sih yang namanya "Opposite Impact Personnel-baited Fans" *panjang* (ini saya hahaha) Awalnya benci sama seorang member, jadi haters yang sedikit kepo, dan akhirnya malah jadi fans soalnya terkesima XD

3. Haters
Eh, jangan dikira haters itu musuh ya. Mereka itu adalah fans yang tertunda dan gak nyadar XD Dari luar keliatannya ngehujat terus tapi secara gak langsung mereka terus ngikutin perkembangan artis kesayangan kita lho. Makanya ada beberapa artis yang sengaja memanfaatkan para haters untuk dongkrak popularitas mereka, misalnya dengan cara bikin lagu plagiat. Wuuuuuh, itu kayak es campur di gurun pasir XD *pusing pala barbie* Sayangnya ada juga yang murni haters, bener-bener gak suka sampe bisa nyelakain artisnya baik secara fisik maupun psikologis.

4. Fans Newbie
Fans newbie biasanya jebolan dari "bukan fans" atau "haters". Pengetahuan fans newbie tentang idolanya biasanya masih sedikit, kecuali kalo kamu jebolan dari haters yang suka kepo *ups*. Fans ini biasanya mulai suka download lagu2 selain single, biasanya karena penasaran. Mereka juga mulai punya koleksi video klip si idola. Durasi fase fans newbie ini macem-macem, mulai 1 bulan bahkan bisa hampir setahun, tergantung koneksi dia sama fans yang lain. Mereka mulai browsing-browsing fanpage ato official website idolanya, gabung di forum, dan sebagainya.

5. Fans
Fans yang dikenal orang awam adalah tipe yang ini. Mulai kumpul bareng ato gath sesama fans, nyari-nyari live performance-nya, beli merchandise, koleksi albumnya banyak *meskipun donlotan* terus bela-belain nyari lagu-lagu EP maupun coupling, sampe ke tempat karaoke pun nyanyinya lagu-lagu si idolanya. Kalo idola kita punya side job, kita pasti berusaha buat cari info, foto, kalo perlu donlot video ato karya mereka. Apalagi yang suka nonton drama pasti harddisknya penuh sama drama idolanya XD. Fans secara umum pasti punya lingkaran pertemanan antarfans, kadang-kadang juga punya banyak link untuk mengakses file-file di berbagai forum.

6. Fansubber
Fansubber adalah fans yang terlibat dalam produksi subtitle untuk video-video idolanya. Mereka bilingual, bahkan bisa trilingual ato lebih. Secara umum mereka dibagi jadi translator, typesetter, timer, editor, dan encoder-uploader. Mereka bekerja gratissssss, makanya satu komen "thanks ya :D" udah bikin bahagia banget. Mereka rela mendalami bahasa asing dan memanfaatkan waktu luangnya untuk ngesub, habis itu dirilis di grup idola mereka. Mereka adalah orang-orang baik buat para fans yang gak bisa bahasa asing selain Bahasa Inggris ato para fans monolingual. Sayangnya gak sedikit orang-orang jahat yang ngambil hasil kerja keras fansubber dan diklaim sebagai miliknya. Padahal bikin subtitle itu gak gampang tau!

7. Fanart Maker
Nah ini yang aku suka XD Mereka adalah fans yang imajinasinya luar biasa liar sampe harus dituangkan dalam berbagai bentuk karya seni. Mulai dari fanfic, fanvid, song cover, meme, dan gambar-gambar unyu. Mulai dari genre humor, horror, cinta-cintaan, dongeng, sampe 18+ ada semua, tinggal pilih mau tokoh yang mana. Inspirasinya datang dari dialog drama, artikel wawancara mereka, tingkah mereka waktu di TV, ato bisa dari iklan. Ceritanya bisa realistis sampe mirip sinetron, ada yang simple maupun yang cheesy. Jangan lupa soal doujin ya XD Gak semua doujin itu hentai kok, ada juga yang kalem. Tapi gak sedikit yang hentai sih.

8. Fans Admin
Tipe fans ini adalah para fans yang dipercaya untuk mengelola fandom mereka. Fans admin juga bertugas untuk meng-update info seputar idola, acara gathering, sampe urusan merchandise. Admin biasanya punya channel sama admin-admin yang lain jadi mereka bisa tau duluan. Pengetahuan admin juga patut diacungi jempol, mereka bisa ingat: ini acara apa-guest starnya siapa-kapan tayangnya-downloadnya dimana, ini lagu apa-konser tahun berapa-dimana konsernya, sampe ini lagu dari album yang mana-tahun kapan rilisnya sehingga jadi tempat bertanya fans yang lain selain mengandalkan mbah gugel. Biasanya para admin ini juga punya koneksi internet yang mumpuni untuk mengelola si fandom itu tadi.

9. Fanatic Fans
Ini tipe fans paling hardcore yang aku tau. Sisi positifnya mereka all-out kalo masalah idolanya, sisi negatifnya adalah tingkah lakunya yang berlebihan sampe mengganggu kenyamanan fans lain dan orang sekitarnya. Mereka juga bisa memulai peperangan. Serius. Tau fanwar? Itu "perang" antarfans baik sesama fandom maupun dari fandom yang berbeda. Mereka menganggap idola merekalah yang paling hebat seluruh dunia lain *eh*, padahal manusia gak ada yang sempurna kan? Komentar yang paling sering keluar kalo fanwar adalah "Kenapa fans-nya yang ribut padahal artisnya baik-baik aja kok." Fans-fans fanatik ini juga nggak segan-segan keluar banyak uang buat idolanya, baik buat nonton konser, beli banyak CD single dan album, sampe merchandise-nya. Ya kalo belinya dalam jumlah wajar sih gapapa, apalagi buat CD yang gak dijual di Indo. Tapi kalo berlebihan juga gak bagus kan? Kasian dong fans lain yang udah rela nabung harus kehabisan barang karena diborong *shed tears*

NAH, setelah baca macem-macem fans di atas, kamu termasuk yang mana? Atau ada yang mau nambahin atau koreksi? Monggo~

Date: 06/09/2015 01:36 pm (UTC)
From: (Anonymous)
Aku yang fanart maker deh kayaknya. :D
Tukang nulis fanfic maksude, hahahaha.
wah, gak tau kalo kamu punya LJ win,
hehehe, fix ini LJ mu tak ubek2. biasa lah nyari inspirasi. :D

Keep writing windy, :)

Date: 06/09/2015 08:48 pm (UTC)
From: [identity profile] windyway94.livejournal.com
Hahahaha monggo... tapi postingan-ku masih dikit lho XD dan khayal
Eh tapi ini siapa ya? ID-nya anonymous soale.

Date: 08/09/2015 10:35 am (UTC)
From: (Anonymous)
Aku rena win, aku gak punya akun LJ, tapi sering jalan2 di LJ, hehehehe.
gak pa2 win, semangat berkarya, :)

Date: 08/09/2015 11:18 am (UTC)
From: [identity profile] windyway94.livejournal.com

Oalah rena XD Oke ren~
Salah satu atribut penting.e fans Arashi iku duwe account LJ ren, sembarang kalir onok ndek kene soale. Bisa dibilang LJ iku situs "underground" gae sharing file.e Arashi.


O lek K-Pop yo onok seng nggawe basis LJ ta? Nggawe.o ae ren, trus melok community seng ngeshare fanfic cek nambah akeh inspirasine. Btw aku baru eruh lek awakmu nggae fanfic XD

Date: 08/09/2015 01:52 pm (UTC)
From: (Anonymous)
ndak ngerti pisan seh win, hehe, tapi aku jarang nemui komunitas Kpop ndek LJ, biasane ndek tumblr. hahahahaha, aku duduk Kpopers sing Otaku win, dadi gak patio ngerti komunitas fandom.
biasane aku mok moco fanfic ae, soale ndek LJ fanfic e apik2, tapi yo bahasa inggris ngono. :D

aduh, arep nggae akun kok awang2 en ya. kakean akun garai bingung win, :D
aku uis ndue akun ndek FFN karo AFF eg, trus enek blog pribadi pisan ndek wordpress. :D

Btw, aku nulis fanfic goro2 gak trimo ae karo kenyataan win, hahahaha, gak deh. yo emang aku hobi nulis terus enek wong sing iso tak manfaatne tak ngge inspirasi. :)

Date: 08/09/2015 08:42 pm (UTC)
From: [identity profile] windyway94.livejournal.com
Oooo soale aku ngertine seng nggae LJ iku akehe digawe fanbase JE. Biasane awakmu moco fanfic opo ren? FFN mbek AFF iku yo akun fanfic ta? Aku malah mek seneng moco (mbek mbayangno) tapi gaiso nggae.ne.

Date: 09/09/2015 10:48 am (UTC)
From: (Anonymous)
iyo win, AFF karo FFN iku akun fanfic. Tapi aku jarang nemui FF Jpop ndek kono, akeh2 yo Kpop, anime, karo film barat ngno.

Aku mocone FF e EXO win, hahahahaha, :D

Gak po2 win, berarti imaginasimu jek gak terlalu liar, alias pikiranmu jek normal, hehehe
Hla imaginasiku uis gak kiro2 eg. lek gak tak tulis opo2 sing enek ndek pikiranku iso kobong utek ku, hahahahaha, XD

Oh iyo, aku moco postinganmu tentang almarhum temenmu win, dan ternyata dia cowok ya?
tak kira cewek win, huaaa......
dulu pas pas kamu posting berita meninggalnya dia di FB, saking sedih e, aku sampai nulis flash fic tentang kalian. Tapi tokoh Hanan itu tak gambarin sebgai cewek. Gomen :(

Date: 09/09/2015 09:36 pm (UTC)
From: [identity profile] windyway94.livejournal.com
Ooo takkiro moco teen top XD Aku mocone yo fanfic Arashi, biyen yo tau moco MCR karo paramore.

Hahahaha ngono yo? Lek aku nulis.e yo ndek LJ iki ren, salah sijine seng artikel "How to be a good pembantu for Sho" iku. Sakjane tutuk kono wes onok ide nggae fanfic tapi pedhot ndek tengah dalan. Lek imajinasiku se gaiso disebut liar, luwih nang aneh ngono. Wingi mari guyon mbek certain admin ndek community.ne Arashi tentang shortcake gunfight ndek gurun pasir ala koboi malah XD Mek gara2 typo gunfight in the "desert" dadi "dessert". Pingin nyobak se nggae fanfic tapi materine sek kurang pisan.

Iyo, Hannan iku cowok ren. Gapopo, bapakku ngirone yo cewek kok. Eh onok fanfic.e? Endi? Pingin moco~ Saiki wes gak galau maneh dadi amaaan...

Date: 10/09/2015 09:42 am (UTC)
From: (Anonymous)
Hla Teen Top hidup e damai, aman dan, sejahtera ngono i. Luih apik kehidupan nyatane timbang kehidupan ndek dunia fanfic e. Lha lek EXO? hidup penuh tragedi, sensasi, dan skandal ngono, dadi fanfic e yo apik2 pisan. kan opo2 sing kontroversional iku mesti menarik win. hehehehe, :D

Tulisen po'o win, apik iku digae fanfic.
Yah, masio emang sih, nulis fanfic iku gak semudah membalikkan telapak tangan *yo mestilah, ren*, :D, tapi selama awakmu rajin moco mesti bakalan iso. Opo maneh masalah typo. Koncoku sing dadi beta readerku ae sampek jengkel goro2 penyakit typoan ku sing gak mari2, hahahahha. :D
Ngko coba bukaen blog iki win,
https://kimchidee.wordpress.com/2012/04/06/klasifikasi-fanfiction-dalam-dunia-fiksi/
ndek kono enek penjelasan lengkap tentang fanfic trus aturan2 nulise pisan, pie cerita iku iso dikatakan fanfic, dsb, hehe.

Ehm, ceritane tentang Hanan iku........yo'opo ya win. Aku nulise uis kae sih win, pas amu posting farewell e ndek fb. Trus aku nulis e karo baper banget, ngentekno tisu. Pas iku aku mari moco a thousand september pisan. Dadi fic e rodok gelap ngono win. hehehe, aku wedi lek amu njaluk moco win, ngko gak sesuai ekpekstasimu. eottokae???

Kirim en email mu ae uis win lek amu bener2 pingin moco. :D

Profile

windyway94: (Default)
windyway94

June 2017

S M T W T F S
    123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930 

Most Popular Tags

Page Summary

Style Credit

Expand Cut Tags

No cut tags
Page generated 27 Jul 2017 04:50 am
Powered by Dreamwidth Studios